30 Juli 2021 09:05:53
Ditulis oleh Admin

Sekilas Info Pentingnya Vaksin Bagi Masyarakat Oleh Mahasiswa KKN Tematik Unirow tahun 2021

Pandemi Covid-19 memberi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan berdampak terhadap sistem kesehatan Nasional yang terlihat dari penurunan kinerja beberapa program kesehatan. Di beberapa wilayah, situasi pandemi covid-19 mengakibatkan penutupan sementara dan atau penundaan layanan kesehatan khususnya diposyandu dan puskesmas (kemenkes, 2020). Puskesmas harus mampu bertindak cepat dalam menangani, pencegahan, dan membatasi penularan infeksi. Dalam rangka penggulangan pandemi covid-19, pemerintah menerbitkan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinani (kemenkes 2021).

Vaksinasi covid-19 bertujuan untuk mengurangi transmisi penularan Covid-19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid-19, mencapai kekebalan kelompok dimasyarakat (herd immunity) dan melindungi masyarakat agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi (Dina Indriyanti, Bapelkes Cikarang).

Reaksi yang mungkin terjadi setelah vaksinasi Covid-19 hampir sama dengan vaksin yang lain. Beberapa gejala tersebut antara lain :

  1. Reaksi Lokal seperti :
  • Nyeri, kemerahan, bengkak pada tempat suntikan
  • Selulitis
  1. Reaksi Sistemik seperti:
  • Demam
  • Nyeri otot seluruh tubuh (myalgia)
  • Nyeri sendi (atralgia)
  • Badan lemah
  • Sakit kepala
  1. Reaksi lain seperti :
  • Reaksi alergi misalnya urtikaria, oedem
  • Reaksi anafilaksis
  • Syncope (Pingsan)

Untuk reaksi ringan lokal, dianjurkan penerima vaksin untuk melakukan kompres dingin pada lokasi tersebut dan meminum obat paracetamol sesuai dosis.

Untuk reaksi ringan sistemik dianjurkan penerima vaksin untuk minum lebih banyak, menggunakan pakaian yang nyaman, kompres, mandi air hangat, dan meminum obat paracetamol sesuai dosis.

KIPI yang terkait kesalahan prosedur dapat terjadi, untuk itu persiapan sistem pelayanan vaksinasi yang terdiri dari petugas pelaksana yang kompeten (memiliki pengetahuan cukup, terampil dalam melaksanakan vaksinasi dan memiliki sikap profesional sebagai tenaga kesehatan), peralatan yang lengkap dan petunjuk teknis yang jelas, harus disiapkan dengan maksimal. Kepada semua jajaran pemerintahan yang masuk dalam sistem ini harus memahami petunjuk teknis yang diberikan.

KIPI yang tidak terkait dengan vaksin atau koinsiden harus diwaspadai. Untuk itu, penapisan status kesehatan sasaran yang akan difaksin harus dilakukan seoptimal mungkin.

 

Daftar Pustaka

Kemenkes RI, 2021. Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinansi dalam rangka Penanggulangan Covid-19.

Kemenkes RI, 2020. Juknis PelayananPuskesmas pada Masa Pandemi Covid-19.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus